Pemasangan Spanduk dan pembagian brosur"Cegah Covid dengan Nutrisi"

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting sebelum, selama, dan setelah infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh korban menjadi demam sehingamembutuhkan tambahan energi dan zat gizi. Karena itu, menjaga pola makan yang sehat sangat penting selama pandemi COVID-19. Meskipun tidak ada makanan  dan suplemen makanan yang dapat mencegah COVID-19., mempertahankan pola makan gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Seperti yang diketahui, Virus Corona menyerang manusia dengan imunitas tubuh yang rendah, sehingga imunitas tubuh memang harus ditingkatkan untuk mencegah virus tersebut masuk ke dalam tubuh. Dalam mencegah terinfeksi dari Virus Corona sangat penting untuk mengonsumsi berbagai makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


Untuk menghadapi situasi ini, diperlukan adanya pengetahuan gizi seimbang pada masa pandemi COVID-19. oleh karena itu kami memasang sebuah spanduk beserta  pembagian brosur untuk meningkatkan pengetahuan para pembaca blog ini dan masyarakat disekitar Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Riau. Pengetahuan ini kami harapkan dapat melindungi dan meningkatkan daya tahan tubuh pembaca beserta keluarganya.




menurut perhimpunan spesialis gizi klinik Indonesia melalui panduan gizi seimbang pada masa COVID-19, hal- hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya adalah dengan mencukupi asupan nutrisi dengan sayur dan buah. Adapun manfaat sayur dan buah adalah :

1. Sayuran
Sayuran merupakan salah satu makanan penting untuk tubuh manusia sekain buah-buahan, karbohidrat, dan protein. Sayuran adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung banyak manfaat.
setiap jenis sayuran mempunyai keunggulan zat gizi tertentu. untuk sayuran berwarna memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi. 
macam sayuran dan manfaatnya berdasarkan warna, antara lain :
    a. Sayuran berwarna hijau
            Adalah sumber karoten yang baik untuk antidioksidan. Semakin hijau warna sayur                    maka semakin banyak mengandung karoten, vitamin C, asam folat dan mineral. selain             untuk meningkatkan imun, sayuran hijau juga mempunyai fungsi untuk menghambat                kanker, membantu produksi sel darah merah dan menguatkan sel otak. Contoh : Daun             singkong, Sawi Hijau, Bayam,Buncis, KAngkung, dan lain lain.
    b. Sayuran berwarna Ungu
            Mengandung banyak antidioksidan dan vitamun. Warna ungu alami berfungsi untuk                 meningkatkan imun, melindungi kerusakan otak, juga dapat meningkatkan produksi                 sel darah merah dan sel darah putih. Contoh : terong ungu dan kol ungu
    c. Sayuran berwarna kuning dan Oranye
            Mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Sayuran jenis ini bermanfaat untuk                 meningkatkan kesehatan pada indera penglihatan. Contoh : Wortel, labu kuning, dan                jagung
    d. Sayuran berwarna merah
            Mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darag, kesehatan             jantung dan mencegah kanker. Selain itu, sayuran berwarna merah juga mengandung                banyak vitamin A dan vitamin E. Contoh : Bayam merah dan Lobak merah.
    e. Sayuran berwarna puutih
            Mengandung vitamin E, Kalsium, dan zat alicin yang dapat mengontrol kadar                            kolesterol, tekanan darah, dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Contoh :                 Tauge, Bunga kol, Sawi putih, dan lain lain.

2. Buah - buahan
Buah- buahan merupakan pangan sumber berbagai vitamin dan antidioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Macam - macam buah dan manfaatnya berdasarkan warna, antara lain:
    a. Buah berwarna merah
            Mengandung banyak Vitamin C dan zat flavonoid. buah berwarna merah dapat                         bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan hati.
            Contoh : Semangka, apel, tomat, dan Anggur merah.
    b. Buah berwarna kuning dan oranye
            Mengandung banyak Vitamin A dan Karoten yang bermanfaat untuk meningkatkan                 penglihatan. Selain itu juga mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan             imun tubuh. Buah berwarna kuning juga mengandung Vitamin B kompleks yang dapat             berfungsi untuk kesehatan hati.
            Contoh : Pisang, jeruk, pepaya, mangga dan lain- lain.
    c. Buah berwarna Hijau
            Mengandung banyak vitamin yang berfungsu menghambat pertumbuhan sel kanker.
            Contoh : Apel malang, anggur hijau, melon,dll.
    d. Buah berwarna ungu dan biru
            Semakin gelap warna ungu dan birunya, maka kandungan vitaminnya juga semakin                 banyak. buah ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan                menghambat pertumbuhan sel kanker.
            Contoh : Delima, ubi ungu, blueberry.

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap prima. Namun demikian, kita juga perlu meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang berperan aktif dalam meningkatkan daya tahan tubuh antara lain,

yaitu Vitamin A, C, Edan Zink

 

VitaminA

• Vitamin A berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, memberi perlindungan terhadap infeksi dengan cara menjaga permukaan kulit dan jaringan pada mulut,

lam bung, usus, dan sistem pernafasan agar tetap sehat.

 

• Dapatkan vitamin A sebagai penambah kekebalan tubuh dari bahan makanan kaya akan vitamin A antara lain, yaitu wortel, kuning telur, ubi jalar, daun singkong, brokoli, bayam atau dari bahan makanan yang diperkaya dengan vitamin A seperti

susu dan sereal

I

 

VitaminC

 

• Vitamin C melindungi tubuh dari infeksi dengan cara merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan tubuh.

 

• Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah-buahan seperti pepaya, jeruk, stroberi, tomat, jam bu biji, dan kiwi

 

 

• VitaminE

 

• Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan tugasnya menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

 

• Tingkatkan konsumsi vitamin Eagar kekebalan tubuh terjaga dengan mengonsumsi makanan seperti, sayuran hijau, minyak sayur kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.

 

 

Zinc (Seng)

 

• Zinc dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bekerja dengan baik dan membantu penyembuhan Iuka

 

• Zinc dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti daging tan pa lemak, ayam, makanan laut (kerang), hati ayam, telur, keju, kacang-kacangan dan biji-bijian (wijen)

 

 

 

Vitamin B6, Folat, Selenium dan zat besi (Fe)

 

• Tubuh membutuhkan zat besi (Fe) dan Selenium untuk pertumbuhan sel kekebalan tubuh. Sementara itu Vitamin B6, dan asam folat mempengaruhi produksi dan aktivitas sel kekebalan tubuh.

 

• Zat besi (Fe) ditemukan dalam daging, ayam, ikan dan telur. Vitamin B6 ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah, ikan, ayam dan daging. Lalu folat berlimpah dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan

dan biji-bijian. Sementara itu selenium banyak terdapat pada kacang-kacangan daging, sereal dan bawang putih.

 

 

 

 

 

 

 



Posting Komentar

0 Komentar