Pembuatan Makanan dan Minuman Kesehatan (Jamu Immune Booster, Wedang Jahe, Permen Jahe) Agar lebih Kuat Selama Pandemi ala Mahasiswa Kukerta UNRI

 

Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan.

Pengertian jamu dalam Permenkes No. 003/Menkes/Per/I/2010 adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan serian (generik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat (Biofarmaka IPB, 2013).

Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena percaya memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan kecantikan dan meningkatkan stamina tubuh. Sampai saat ini keberadaan jamu terus berkembang. Hal ini terlihat pada permintaan terhadap jamu yang terus mengalami peningkatan (Biofarmaka IPB, 2013).

Jamu immune booster ini menggunakan bahan – bahan seperti jahe, kunyit, jeruk nipis, temu lawak. Jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe baik untuk menenangkan saluran pernapasan yang meradang, dan bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh). Kunyit memiliki sifat anti-alergi dan sekaligus memiliki efek terhadap histamin yang dapat menyebabkan peradangan Meskipun diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang menghambat reaksi peradangan pada alergi, namun hingga kini belum ada penelitian yang dilakukan langsung pada manusia yang dapat membuktikan efektivitas kunyit sebagai penanganan efektif pada asma.

Nah untuk cara pembuatan jamu imun booster, Permen Jahe, Wedang jahe teman-teman dapat melihatnya di channel youtube kami :

1. Jamu Imun Booster :   https://www.youtube.com/watch?v=bU27_0w0gQo

2. Permen Jahe :   https://www.youtube.com/watch?v=x98k55Os86M

3. Wedang Jahe : https://www.youtube.com/watch?v=Tl3CwLixbk4



Posting Komentar

0 Komentar